18/03/11

Fondasi Flyover Casablanca, 3 Jalan Ditutup

JAKARTA, PB - Selama pembangunan fondasi dan pemasangan tiang pancang proyek jalan layang non tol Kampung Melayu-Tanah Abang, dipastikan ada tiga jalan yang akan ditutup. Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta mengatakan untuk memudahkan para pengguna jalan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Ery Basworo, penutupan jalan ini akan dilakukan kurang lebih selama tiga bulan sejak penutupan ini dilakukan.

"Selasa pekan depan kami akan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Polda Metro Jaya melakukan tinjauan langsung ke lapangan untuk memastikan kesiapan penutupan jalan dan alternatifnya," ujar Ery di kantor Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Jumat, 18 Maret 2011.

Sementara itu, Kepala Bidang Jembatan Dinas PU DKI, Novizal, menjelaskan tiga jalan yang hendak ditutup antara lain jalan samping flyover Sudirman arah Kampung Melayu, jalan samping atau frontage underpass Casablanca arah Satrio ke Rasuna Said dan samping underpass Casablanca arah Rasuna Said ke Jalan Satrio.

"Kemungkinan yang bisa ditutup lebih awal, paling cepat dua minggu ke depan itu yang jalan samping flyover Sudirman," terangnya.

Namun, Novizal mengatakan keputusan itu baru akan dipastikan pekan depan setelah peninjauan lapangan bersama Dishub dan Polda dilakukan.

Sedangkan, lanjut dia, untuk penutupan ruas jalan sebelah kanan dan kiri samping underpass Casablanca baru akan dilakukan setelah jalan alternatif Denpasar selesai dibangun. "Kira-kira dua minggu lagi selesai, kita sedang menyelesaikan lapisan atasnya, pondasi sudah selesai," ungkapnya.

Jalan alternatif Denpasar yang dibangun Dinas PU panjangnya mencapai 300 meter, sedangkan total panjang jalan ini apabila dihubungkan mencapai 700 meter dengan lebar tujuh meter. Dipastikan Novizal jalan satu arah yang dapat menembus ke Rasuna Said ini bisa dilalui oleh dua kendaraan roda empat.

Sedangkan, sembilan jalur alternatif yang telah disiapkan Dinas PU DKI antara lain untuk penutupan jalan samping fly over Sudirman bisa melalui:

1. Jalan Setiabudi-Jalan Karet Karya-Jalan Karet Gusuran 3-Jalan Komando Raya-Jalan Bek Murad
2. Samping Gedung Sampoerna Strategic-Jalan Bek-Jalan Satrio-putar u-turn depan Gedung Sahid Jalan Mas Mansyur
3. Jalan Gamisum-Jalan Karet Sawah-Jalan Satrio-putar di u-turn depan Gedung Sahid
4. Putar di Jembatan Semanggi

Kemudian untuk jalur alternatif jalan samping underpass Casablanca arah Satrio-Rasuna Said dan sebaliknya bisa melalui:

1. Jalan Denpasar-Gedung Dharma Wanita-Gedung Sentra Mulia
2. Jalan Gili-Jalan Denpasar Raya
3. Jalan Madiun-Masjid Sunda Kelapa-Jalan DR Kusuma Atmaja
4. Gedung Papan Sejahtera-pinggir kali Cideng-Jalan Taman Rasuna
5. Jalan Taman Rasuna-Jalan samping Pemakaman Menteng Pulo-putar di Jalan Casablanca.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls